Setengah Populasi Dunia Bermain Video Game

Setengah Populasi Dunia Bermain Video Game

DFC Intelligence mengumumkan statistik terbaru tentang pengguna gim video. Mereka mencatat, 3,7 miliar orang ternyata memiliki waktu untuk bermain gim.

Jumlah ini berbeda dari tiga tahun sebelumnya yang hanya mencatatkan 700 ribu orang saja. Apakah kamu salah satu orang yang bermain gim video?

Mengutip laman Gaming Bible, jumlah 3,7 miliar orang yang bermain gim ini berarti setengah dari populasi manusia di dunia.

Statistik ini menghitung orang-orang yang bermain gim sederhana seperti Candy Crush dan Subway Surfer, juga gim game AAA yang dirilis di konsol dan PC.

Pertumbuhan generasi gamer ini pun dialasi oleh hype yang ada di industri gim video, seperti gim dari Xbox Series, PlayStation, dan PC.

Bahkan gamer awam pun mampir untuk bermain gim video berkat beberapa serial TV dan film yang diadaptasi dari gim, seperti The Last of Us yang dirilis di Max.

10 persen dari gamer dunia atau 370 ribu orang adalah mereka yang berkontribusi untuk menaikkan revenue dari industri gim.

Sejak 2022, perputaran uang di industri gim sangat tinggi. Sekira Rp 2,8 kuadriliun berputar di industri ini. Pembagiannya masing-masing seperti berikut: 50 persen di pasar mobile game, 28 persen pasar gim konsol, dan sisanya untuk pasar gim PC.

Karena gim video sukses menggaet orang awam, banyak pengembang gim yang ingin berfokus ke berbagai aspek. Diantaranya visual yang lebih baik dengan engine terkini, storytelling dengan naskah yang baik di bawah naungan penulis ternama, dan bahkan keseruan dari gim tersebut yang bisa dimainkan oleh berbagai kalangan.

Apalagi kini gim pun bisa dihubungkan dengan apa saja, termasuk budaya pop dan politik. Sebagian bermanfaat, tetapi sebagian lagi merupakan hal kontroversial yang mendapatkan pro dan kontra.

Di lain hal, perputaran inovasi pun dikembangkan dengan penggunaan AI (artificial intelligence/kecerdasan buatan) dan inovasi lainnya yang mempermudah penggarapan gim terkini.

Di Indonesia saja, amat mungkin sebagian besar gamer di kalangan remaja hingga dewasa memiliki aplikasi gim. Sebut saja Subway Surfer, Candy Crush, dan Mobile Legends Bang Bang atau Garena Free Fire yang merupakan ‘template’ bagi gamer era sekarang. *

Setengah Populasi Dunia Bermain Video Game

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca