Bantuan Lampu Penerangan Jalan (LPJ) Dari Indosat Untuk “Kampoeng Kito 1”, Bagaikan Lampu Teplok

 

Jambi, Satukomando.com – Bekerja Sama Dengan Dinas Perkim Kota Jambi sebagai pihak pengadaan, Indosat yang merupakan salah satu perusahaan provider internet (internet service provide) ternama di Indonesia ini menyalurkan bantuan kepada masyarakat berupa lampu penerangan jalan (LPJ) kepada masyarakat di Jalan Damai Utama RT: 05,06,07 Perumahan “Kampoeng Kito I” Kel Bakung Jaya Kec. Palmerah Kota Jambi.

Menurut keterangan dari warga, bantuan lampu penerangan jalan dari Indosat ini keseluruhannya berjumlah 12 buah dan setiap RT masing-masing hanya mendapatkan 4 buah lampu.

Namun sangat di sayangkan oleh seluruh warga Perumahan “Kampoeng Kito I” jika lampu jalan yang di berikan sangatlah tidak sesuai dengan harapan. “Seyogyanya lampu jalan itu terang seperti kebanyakan lampu penerangan jalan yang telah di pasang oleh PLN. Namun lampu penerangan jalan yang kami terima ini tidak terang (redup) dan boleh dikatakan tidak bercahaya sama sekali. Awak media Satukomando.com Iwan yang juga adalah warga dari “Perumahan Kampoeng Kito I” telah melaporkan perihal ini kepada Ketua RT, dan katanya Pak RT juga sudah melanjutkan laporan ini ke Indosat. Namun sampai berita ini dimuat, belum ada juga terlihat tindak lanjut dari pihak Dinas PERKIM Kota Jambi maupun INDOSAT dalam menanggapi laporan ini.

“Selain permasalahan bantuan lampu penerangan jalan yang tidak sesuai harapan, sebelumnya pihak indosat telah melakukan penanaman puluhan tiang untuk sarana Penyuplai Kabel InterNet Indosat di depan pekarangan tanpa meminta izin/pemberitahuan kepada warga terlebih dahulu. Penanaman puluhan tiang ini dirasakan warga sangatlah tidak sesuai dengan bantuan yang diterima oleh masyarakat melalui pihak Dinas PERKIM Kota Jambi ini”, ujar iwan.

Lanjutnya, “tidak sesuai dengan bantuan yang di berikan kepada warga, masa hanya 4 buah lampu per RT nya. Kepada pihak Dinas PERKIM Kota Jambi dan INDOSAT yang bertanggung jawab pada hak ini, di minta datang ke Prumahan Kampoeng Kito 1, untuk memberi klarifikasi pada warga”, tukasnya.

Imbuh iwan lagi, “terkait pada kegiatan pemasangan tiang untuk suplai kabel jaringan internet, di duga pihak Indosat telah menyalahi ketentuan Pasal 13 Undang-Undang No. 36 tentang Telekomunikasi yang pada dasarnya penyelenggara telekomunikasi (dalam hal ini salah satu perusahaan provider internet / internet service provide) untuk tujuan pembangunan, pengoperasian, atau pemeliharaan jaringan telekomunikasi dapat memanfaatkan atau melintasi tanah dan/atau bangunan milik perseorangan akan tetapi hal tersebut harus dilakukan dengan persetujuan pemegang hak/pemilik tanah dan/atau bangunan tersebut”.

“Dalam hal pemasangan tiang internet di halaman rumah tanpa seizin dari pemilik tanah maka tindakan dari penyelenggara telekomunikasi tersebut diduga telah melakukan kesalahan dan/atau kelalaian dalam melakukan pembangunan atau pengoperasian jaringan telekomunikasi. Sehingga berdasarkan hal tersebut maka masyarakat/warga selaku pemegang hak/pemilik tanah dan/atau bangunan mengalami kerugian dan atas tindakan tersebut maka warga pemilik lahan berhak untuk mengajukan tuntutan ganti rugi kepada penyelenggara telekomunikasi dan yang bisa menjadi dasar hukum atas adanya tuntutan ganti rugi tersebut telah diatur dalam Pasal 15 ayat 1 dan 2 UU No. 36 tentang Telekomunikasi.

Atas kesalahan dan atau kelalaian penyelenggara telekomunikasi yang menimbulkan kerugian, maka pihak-pihak yang dirugikan berhak mengajukan tuntutan ganti rugi kepada penyelenggara telekomunikasi. Sebagaimana bunyi Pasal 15 ayat (2) UU No. 36 Tentang Telekomunikasi: “Penyelenggara telekomunikasi wajib memberikan ganti rugi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), kecuali penyelenggara telekomunikasi dapat membuktikan bahwa kerugian tersebut bukan diakibatkan oleh kesalahan dan atau kelalaiannya”.

Berdasarkan hal-hal tersebut maka warga dapat melakukan komunikasi terhadap pihak penyelenggara komunikasi yang telah melakukan pemasangan tiang internet di halaman rumah tanpa persetujuan warga selaku pemilik tanah untuk meminta pertanggung jawaban dan mendapatkan kesepakatan terkait permasalahan tersebut.(Gsk)

Bantuan Lampu Penerangan Jalan (LPJ) Dari Indosat Untuk “Kampoeng Kito 1”, Bagaikan Lampu Teplok

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca