Danrem 072/Pamungkas Hadiri Sarasehan Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) 2024

SATUKOMANDO.COM, Yogyakarta –  Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Zainul Bahar S.H.,M.Si. hadir dalam acara sarasehan peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) 2024 dengan tema “Kedaulatan Yang Beradab Penentu Masa Depan Bangsa” bertempat di Gedhong Pracimasana Komplek Kepatihan, Suryatmajan, Danurejan, Kota Yogyakarta. Senin, (26/2/2024).

Acara sarasehan turut dihadiri oleh, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam X, Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan, Kabinda DIY Brigjen TNI Rachmad Pudji Susetyo, Wagub AAU Marsma TNI Hendro Arif, Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Devi Erlita, Kadispotdirga Lanud ADS Kolonel D. Indra dan Forkopimda DIY serta menghadirkan narasumber utama Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, M.A. dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutannya menyampaikan peristiwa bersejarah Serangan Umum 1 Maret 1949, menekankan pentingnya nilai-nilai kejuangan dalam membangun semangat kebangsaan yang inklusif dan berkelanjutan.

Lebih lanjut, Gubernur DIY menyampaikan konsep reformasi kelurahan sebagai landasan pemberdayaan masyarakat yang menjadikan kedaulatan sebagai praktek harian untuk kemajuan bersama.

Sementara itu, Prof. Dr. Sulistyowati Irianto, M.A. menyampaikan sejarah perjuangan perempuan Indonesia di Yogyakarta serta pentingnya memahami pluralisme budaya sebagai bagian integral dari ke-Indonesiaan. Ia juga mengulas konflik politik nasional saat ini yang diwarnai oleh dinamika kekuasaan dan peran hukum dalam menjaga keadilan serta kebenaran.

Acara ini menjadi momentum penting untuk memelihara dan meningkatkan kesadaran akan kedaulatan negara yang berlandaskan pada nilai-nilai kejuangan dan keberagaman budaya. Pemda DIY berkomitmen untuk terus mendorong pembangunan yang inklusif dan berkelanjutan demi masa depan yang lebih baik bagi bangsa dan negara. (Ariyo/Penrem072PMK)

Danrem 072/Pamungkas Hadiri Sarasehan Peringatan Hari Penegakan Kedaulatan Negara (HPKN) 2024

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca