Segera Bangun Balai Rehabilitasi, Kontribusi Nyata Y-GANN DIY Pulihkan Korban Napza

SATUKOMANDO.COM, Yogyakarta – Usai dikukuhkan oleh DPP.Yayasan Gugus Antisipasi Narkotika Nusantara (Y-GANN) beberapa waktu lalu,  DPD.Y-GANN Daerah Istimewa Yogyakarta bersiap mendirikan Rumah Rehabilitasi Korban Napza di Dusun Gelaran Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunung Kidul.

Rumah Rehabilitasi ini akan menggunakan lahan Pesantren Ma’had Jabal Rahmah yang didirikan oleh Almarhum K.H.Drs.Djamaluddin Ahmad Al Buny.

Semula, Pesantren Ma’had Jabal Rahmah mengasuh para santri yatim dhuafa yang berasal dari seluruh Indonesia, namun sejak Pandemi Covid lalu semua santri dipulangkan dan tidak kembali lagi pada waktunya.

April 2023, pendiri pesantren K.H.Drs.Djamaluddin Ahmad Al Buny wafat dan kemudian pengelolaan pesantren diserahkan kepada putranya Achmad Hakim Sabriantara, SH yang juga menjabat sebagai  sekretaris DPD.Y-GANN DIY.

Akhirnya di bulan Oktober 2023, dilakukan  kerjasama antara Yayasan GANN dengan Yayasan Pondok Pesantren untuk mendirikan pusat rehabilitasi korban napza di Pesantren Ma’had Jabal Rahmah dengan status pengembangan fungsi.

Achmad Hakim, S.H., Sekretaris DPD.Y-GANN DIY sekaligus Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Ma’had Jabal Rahmah (Foto: Istimewa)

Menurut Achmad Hakim, pendirian Balai Rehabilitasi korban narkotika ini bertujuan  untuk membina korban napza agar  dapat kembali bekerja maksimal, mampu beradaptasi dan penyesuaian diri dalam hubungan sosial kemasyarakatan. Sehingga menjadi pribadi yang baik dan berguna.

Ketua DPD YGANN DIY Ahmad Rodix Agung, S.E. menyatakan bahwa Balai Rehabilitasi korban napza ini merupakan pengembangan fungsi dari Pondok Pesantren ke Balai Rehabilitasi Korban Napza.

“YGANN DIY bekerjasama dengan Pondok Pesantren Ma’had Jabal Rahmah, siap bersinergi dan berkolaborasi dengan semua Stake Holder terkait di Gunungkidul guna mewujudkan Balai Rehabilitasi Korban Napza yang Profesional dan Ramah Lingkungan”, ungkap Rodix Agung.

Ketua Umum DPP Y-GANN  Nurfrafyanti Fanny sangat mengapresiasi dan mendukung rencana  DPD.Y-GANN DIY membangun Balai Rehabilitasi Korban Napza.

“Saya selaku penanggungjawab  Y-GANN Addiction Center (Pusat Rehabilitasi Korban Napza Yayasan GANN) tentu sangat berharap Pusat Rehabilitasi Korban Napza Jabal Rahmah Yayasan GANN  DIY dapat segera terealisasi secara sempurna, agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Kabupaten Gunung Kidul dan DIY pada Umumnya”. ungkapnya.

Pihaknya sangat mengapresiasi  sikap dan tindakan cepat tanggap dari unsur pimpinan DPD YGANN DIY dalam hal penanggulangan bahaya narkoba wabil khusus penanganan  korban yang harus di pulihkan.

Bakal Calon Lokasi Balai Rehabilitasi Korban Napza DPD Y-GANN DIY di Karangmojo, Gunungkidul, D.I.Yogyakarta (Foto: Hakim)

” Harapan dan target kita, wilayah sekitar DIY  bisa menerima  pengaduan masyarakat tentang korban napza. Apabila sudah terlaksana  tentu dapat membantu mitra strategis kita yaitu BNN dan Polri di wilayah hukum DIY”, pungkas Ketua Umum Y-GANN      Nurfrafyanti Fanny  (Ariyo)

Segera Bangun Balai Rehabilitasi, Kontribusi Nyata Y-GANN DIY Pulihkan Korban Napza

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca