Mahasiswa KKN Unila Lakukan Sosialisasi Biochar pada Petani

Mahasiswa KKN Unila Lakukan Sosialisasi Biochar pada Petani

Satukomando.com, Tulang Bawang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan kegiatan sosialisasi dan praktik pembuatan biochar di RK 1 Desa Gedung Harapan, Kecamatan Penawar Aji, Kabupaten Tulang Bawang (7/2).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh para petani setempat yang turut antusias dalam menyambut informasi baru mengenai penggunaan biochar.

Sosialisasi dan praktek ini merupakan bagian dari upaya Mahasiswa KKN Unila untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman mengenai biochar kepada masyarakat petani. Biochar merupakan bahan organik yang berasal dari biomassa yang terbakar dengan sangat terbatas oksigen.

Kegunaan utamanya adalah sebagai penambah unsur hara dan memperbaiki struktur tanah, sehingga mampu meningkatkan kesuburan tanah dan hasil panen.

Dalam kegiatan tersebut, Asna Desca Sari dan Yanita Tri Utami bertindak sebagai fasilitator utama dalam menyampaikan materi sosialisasi. Asna Desca Sari dan Yanita Tri Utami menjelaskan pentingnya penggunaan biochar dalam pertanian, baik dari segi keberlanjutan lingkungan maupun peningkatan produktivitas pertanian.

Ia menyampaikan bahwa dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan para petani akan mampu memanfaatkan biochar secara efektif untuk menyuburkan tanah dan meningkatkan hasil panen mereka.

Respons dari para petani Gedung Harapan sangat positif dan antusias terhadap informasi yang disampaikan. Mereka menyambut baik konsep penggunaan biochar dan menyatakan kesiapan untuk mencoba menerapkannya pada lahan pertanian mereka.

Keyakinan mereka terhadap potensi biochar sebagai solusi dalam meningkatkan produktivitas pertanian di desa mereka sangat terlihat dalam interaksi mereka selama sosialisasi.

Dengan demikian, kegiatan sosialisasi dan praktek pembuatan biochar yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Unila di Desa Gedung Harapan dapat dianggap sebagai langkah awal yang positif dalam memperkenalkan inovasi pertanian kepada masyarakat.

Harapannya, pengetahuan mengenai biochar ini dapat terus disebarkan dan diterapkan secara luas, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi pertanian dan kesejahteraan masyarakat lokal.

Mahasiswa KKN Unila Lakukan Sosialisasi Biochar pada Petani

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca