5 Hari Kontak Senjata di Sugapa Intan Jaya, 7 KKB Tertembak 4 Tewas

Satukomando.com – TNI-Polri terlibat kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Intan Jaya di kawasan di Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, sejak Jumat (19/1) hingga Selasa (23/1) kemarin. Dalam beberapa kali kontak senjata itu, TNI-Polri berhasil menembak tujuh anggota KKB, dengan empat orang di antaranya tewas.

Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Izak Pangemanan menjelaskan aksi penyerangan yang dilakukan KKB di sekitar Sugapa itu terjadi sejak Jumat (19/1) yang diawali dengan menyerang Pos Brimob di Kampung Mamba hingga mengakibatkan seorang anggotanya gugur yakni Bripda Alfandi Steve Karamoy.

Menurut Pangdam, KKB juga menyerang Pos Satgas Yonif 330/TD hingga terjadi kontak tembak, dan KKB juga membakar rumah milik warga. Kontak tembak terus terjadi hingga lima hari yang menyebabkan tujuh anggota KKB tertembak, empat orang di antaranya tewas.

Dalam kontak senjata itu, aparat berhasil melumpuhkan salah satu dedengkot KKB Intan Jaya Yusak Sondegau yang dilaporkan tertembak dalam bentrokan pada Minggu (21/1). Pangdam menambahkan Yusak Sondegau adalah anggota KKB yang saat penyerangan dan penembakan di Sugapa membawa senjata api jenis SS 1.

“Yusak Sondegau adalah anak buah Apen Kobogau dan namanya masuk didalam daftar kami,” tegas Mayjen Izak, di Jayapura, dikutip dari Antara, Rabu (24/1).

Lebih jauh, Pangdam menjelaskan kondisi keamanan di Sugapa saat ini sudah relatif normal namun anggota TNI-Polri tetap bersiaga dan waspada.

“Tidak ada penambahan pasukan untuk mengamankan wilayah itu dan pihaknya siap membantu Polri mengembalikan keamanan Sugapa,” tegas jenderal bintang dua itu.*

5 Hari Kontak Senjata di Sugapa Intan Jaya, 7 KKB Tertembak 4 Tewas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca