Kompolnas Apresiasi Polisi Berhasil Amankan Nataru

SATUKOMANDO – Kepolisian telah melakukan Operasi Lillin 2023, yang dilaksanakan selama 14 hari dimulai dari tanggal 22 Desember 2023 dan berakhir tanggal 2 Januari 2024 yang melibatkan 129.923 personel.

Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mengapresiasi kinerja Polri yang dinilai berhasil mengamankan perayaan Natal 2023 dan Tahun 2024 sehingga berjalan aman, nyaman dan lancar.

“Kompolnas mengapresiasi kinerja anggota Polri di seluruh Indonesia yang telah profesional dan sepenuh hati dalam melaksanakan Operasi Lilin, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru berlangsung aman, nyaman, dan lancar sesuai harapan,” kata Anggota Kompolnas dari unsur masyarakat Poengky Indarti di Jakarta, Kamis (5/1).

Sebagai pengawas fungsional Polri, Kompolnas melaksanakan kewenangannya untuk memastikan Polri profesional dan mandiri dalam menjalankan tugasnya. Ketika libur Natal dan Tahun Baru, Polri melaksanakan Operasi Lilin 2023 untuk mengamankan pelaksanaan Natal dan Tahun Baru berjalan lancar, aman, dan nyaman.

“Kompolnas melakukan pengawasan dan supervisi di beberapa Polda terkait pelaksanaan Operasi Lilin 2023,” katanya.

Beberapa Polda yang didatangi Kompolnas, di antaranya Polda Sumatera Utara, Polda Papua, Polda Maluku Utara, Polda Kalimantan Barat, Polda Lampung dan Polda Bali.

Ia menegaskan, dari hasil pengawasan tersebut, jajaran Polri di seluruh Indonesia telah profesional dan sepenuh hati dalam melaksanakan Operasi Lilin 2023.

“Tidak ada gangguan dari kelompok intoleran yang mengganggu saudara-saudara yang beragama Nasrani. Pun tidak ada serangan dari kelompok teroris ataupun kelompok radikal,” katanya.

Poengky menyebut, ada beberapa faktor yang membuat pelaksanaan Operasi Lilin 2023 berjalan lancar, di antaranya koordinasi dan dukungan sarana serta prasarana yang mumpuni.

Kompolnas, melihat koordinasi yang baik antara Polri dan pemangku kepentingan terkait menjadi kunci suksesnya Operasi Lilin 2023, ditambah lagi dengan semakin modernnya peralatan Polri, sehingga mampu mencegah gangguan yang muncul, antara lain tersedianya pusat komando (command center) di setiap Polda yang terhubung dengan seluruh jajaran Polres dan Polsek, hingga ke pos-pos pantau.

“Kerja sama Polri dengan media massa juga sukses mengamplify informasi terkini seputar situasi arus lalu lintas, sehingga masyarakat dapat mengupdate kapan ada pengalihan arah, kapan ada contra flow, kapan ada sistem buka-tutup, dan sebagainya,” ujar Poengky.**

Kompolnas Apresiasi Polisi Berhasil Amankan Nataru

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca