Sekjen Sentil DK PBB karena Tak Punya Anggota Tetap dari Afrika

Satukomando.com – Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres ‘sentil’ Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) lantaran tidak memiliki anggota tetap dari Benua Afrika.

Menurutnya, hal tersebut harusnya tidak terjadi.

“Bagaimana kita bisa menerima bahwa tidak ada satu pun Anggota Tetap Dewan Keamanan dari Afrika?” tulis Guterres di medsos X, seperti dilansir Antara, Minggu (21/1).

“Institusi-institusi harus mencerminkan dunia saat ini, bukan 80 tahun silam. KTT Masa Depan pada September mendatang akan menjadi kesempatan untuk mempertimbangkan reformasi tata kelola global sekaligus membangun kembali kepercayaan,” kata Sekjen.

Guterres juga menyinggung soal kondisi di Jalur Gaza. Ia menegaskan bahwa gencatan senjata kemanusiaan dan pembebasan tanpa syarat seluruh sandera yang ada di Jalur Gaza harus segera terealisasikan.

“Saya tidak akan berhenti menyerukan gencatan senjata kemanusiaan dan pembebasan tanpa syarat semua sandera segera,” katanya.

Sekali lagi, Guterres juga mengingatkan kepada semua orang bahwa kondisi Gaza saat ini benar-benar tidak stabil akibat serangan Israel.

“Orang-orang yang saat ini sekarat di Gaza, bukan hanya karena bom dan peluru, tapi juga akibat krisis makanan dan air bersih serta rumah sakit yang tidak memiliki obat-obatan dan jaringan listrik,” tutupnya. *

Sekjen Sentil DK PBB karena Tak Punya Anggota Tetap dari Afrika

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca