Tingkatkan Pembangunan SDM, Mahasiswa KKN Bangun Pondok Baca untuk Masyarakat Desa Mesir Ilir

Tingkatkan Pembangunan SDM, Mahasiswa KKN Bangun Pondok Baca untuk Masyarakat Desa Mesir Ilir

Pondok Baca merupakan sebuah fasilitas sederhana yang berfungsi sebagai tempat untuk membaca dan meminjam buku secara gratis bagi anak-anak di desa setempat.

Telah berjalan sejak 2 hingga 6 Februari 2024, Pondok Baca berlokasi di Pondok Pesantren Messer Sakti Desa Mesir Ilir, Kecamatan Bahuga, Kabupaten Way Kanan. Melalui kolaborasi dengan kepala desa setempat, Pak Indarsyah Irba, serta dukungan dari masyarakat dan pengurus pondok, program ini berhasil direalisasikan.

Pimpinan Pondok Pesantren Messer Sakti, Ustadz Wahyudi mengatakan bahwasanya di Way Kanan ini masih sangat minim dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM). Oleh karena itu, tujuan utama dari Pondok Baca ini adalah untuk meningkatkan kualitas SDM di wilayah tersebut dan untuk menggalakkan kegiatan literasi dan edukasi di kalangan anak-anak dan generasi muda.

Masyarakat setempat turut berpartisipasi aktif dalam pembangunan Pondok Baca, terutama dari para ustadz di Pondok Pesantren Messer Sakti, seperti Ustad Wahyudi dan Ustad Artidi, serta Kepala Desa Messer Sakti Indarsyah Irba, S.H. Ketiganya sangat berperan dalam membantu pelaksanaan program ini.

Sementara tim pelaksana KKN yang meluncurkan inisiatif tersebut terdiri dari koordinator M. Abror Zaky, dan para anggota yaitu Sisca Nabila Fellainy, Najwa Alfara Rullyanti, Sisca Ella Sirait, Chrisna Sianturi, dan Shinta Puspita.

Pondok Baca ini dapat menjadi program berkelanjutan yang dapat dirasakan oleh masyarakat setempat, meskipun tim KKN sudah tidak berada di lokasi lagi. Kolaborasi dengan pengurus pondok memastikan keberlanjutan program ini, dengan jadwal kegiatan rutin setelah sholat maghrib, serta penggunaan buku daftar hadir sebagai alat penunjang.

“Kami dari KKN Desa Mesir Ilir sangat berharap sedikit bantuan kami ini bisa bermanfaat dalam membantu adik-adik dalam kegiatan literasi dan edukasi dalam membentuk insan akademis yang cerdas, kritis dan mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu perwujudan dari Indonesia Emas 2045” ucap M. Abror Zaky selaku koordinator.

Dengan berfokus pada pembangunan SDM melalui kegiatan literasi dan edukasi, Pondok Baca ini menjadi tonggak penting dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju.

Tingkatkan Pembangunan SDM, Mahasiswa KKN Bangun Pondok Baca untuk Masyarakat Desa Mesir Ilir

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca