PT KAI Bersama KNKT Segera Lakukan Investigasi Tabrakan Kereta di Bandung

SATUKOMANDO – Kecelakaan kereta api terjadi di wilayah Kabupaten Bandung melibatkan KA Turangga (KA Plb 65A) dengan KA Bandung Raya (KA 350) di Kecamatan Cikuya, Cicalengka, Kabupaten Bandung di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 pada 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB. Lokasi insiden berada sekitar 800 meter sebelum sinyal masuk Stasiun Cicalengka.

Kereta api Turangga merupakan layanan kereta api penumpang kelas eksekutif yang dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia (KAI) untuk melayani relasi Bandung–Surabaya Gubeng di lintas selatan Pulau Jawa.

Sementara KA Lokal Cicalengka merupakan kereta api yang melayani transportasi wilayah Bandung Raya dengan relasi Cicalengka – Padalarang atau dari wilayah Timur Bandung ke wilayah barat Bandung (PP) yang melintasi wilayah Kabupaten Bandung – Kota Bandung – Kota Cimahi – Kabupaten Bandung Barat.

PT Kereta Api Indonesia menegaskan, saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami tabrakan.

“KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut,” kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji, Jumat (5/1).

Ia memastikan, KAI akan melakukan investigasi bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Belum diketahui apakah ada korban dalam peristiwa ini. KAI memastikan akan memberikan update terkini terkait peristiwa itu.

“Untuk mengetahui penyebab kecelakaan. Informasi lebih lanjut terkait kejadian ini akan kami sampaikan pada kesempatan selanjutnya,” katanya.

Saat ini, jalur rel antara Haurpugur – Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. Untuk perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur – Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain. **

PT KAI Bersama KNKT Segera Lakukan Investigasi Tabrakan Kereta di Bandung

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca