Capai 100 Ribu Pelanggan, Tirta Mayang Masuk Kategori BUMD Air Minum Besar

Jambi – Perumda Air Minum Tirta Mayang Kota Jambi berhasil menembus jumlah 100 ribu sambungan pelanggan pada Rabu, 25 Oktober 2023. Dengan capaian ini, Tirta Mayang menjadi salah satu BUMD air minum kategori besar di Indonesia.
Peresmian pelanggan ke-100.000 dan 100.001 Tirta Mayang dilakukan oleh Wali Kota Jambi Dr. H. Syarif Fasha, M.E., Kamis, 26 Oktober 2023 di Perumahan Delima Mayang RT 37, Kelurahan Simpang Rimbo, Kecamatan Alam Barajo.
Menurut Direktur Utama Tirta Mayang, Dwike Riantara, capaian ini patut disyukuri dan disambut suka cita oleh masyarakat Kota Jambi. “Tahun 2023 ini, dari 440 BUMD air minum (PDAM) yang ada di seluruh Indonesia, baru 29 BUMD yang memiliki jumlah pelanggan di atas 100 ribu sambungan, yaitu yang dikategorikan sebagai BUMD air minum besar. Tirta Mayang menjadi BUMD ke-30 menembus angka ini,” ungkap Dwike.
Ia menjelaskan, berdasarkan jumlah sambungan pelanggan, BUMD air minum dibagi tiga kategori, yaitu kecil (kurang dari 30 ribu sambungan pelanggan), sedang (antara 30 ribu sampai 100 ribu), dan besar (di atas 100 ribu sambungan pelanggan). Tirta Mayang, ujarnya, baru saja hijrah dari kategori sedang menjadi besar.
“Di pulau Sumatera, Tirta Mayang Kota Jambi berada di posisi keempat setelah Medan, Palembang, dan Padang. Patut dibanggakan, saat ini kita punya pelanggan jauh lebih besar daripada Kota Metropolitan Pekanbaru dan Bandar Lampung,” kata Dwike.
Ia menuturkan, pertumbuhan pelanggan paling signifikan yang dibarengi oleh peningkatan pelayanan terjadi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, di bawah kepemimpinan Wali Kota Syarif Fasha. Jumlah 100 ribu sambungan pelanggan, menurut Dwike, setara dengan pelayanan untuk 500 ribu jiwa warga Kota Jambi, atau sekitar 80 persen dari total jumlah penduduk.
“Tahun 2013, pelanggan Tirta Mayang baru di kisaran 60 ribuan, sedangkan perusahaan ini sudah berdiri sejak tahun 1974. Dengan perhatian dan perjuangan Pak Wali Kota untuk Tirta Mayang dan masyarakat Kota Jambi, kita mengalami banyak kemajuan pesat yang dapat dilihat secara nyata. Semua ini, tujuan utamanya adalah untuk mewujudkan akses air minum yang aman, layak, dan terjangkau bagi masyarakat Kota Jambi,” ujar Dwike.
“Kami persembahkan kado 100 ribu pelanggan ini kepada Bapak Syarif Fasha menjelang akhir masa jabatan beliau sebagai Wali Kota Jambi, agar menjadi rekam jejak kemajuan yang nyata dalam sejarah pembangunan Kota Jambi,” pungkas Dwike. (Anom).
Capai 100 Ribu Pelanggan, Tirta Mayang Masuk Kategori BUMD Air Minum Besar

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Kembali ke Atas

Eksplorasi konten lain dari SATUKOMANDO.COM

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca